PRINT CARDS

Cetak Brosur Terdekat di Jakarta - Digital Printing

Cetak Brosur Terdekat di Jakarta

Siapa sih yang tidak tahu apa itu brosur?

Rasanya hampir tidak mungkin apabila ada seseorang yang tidak mengetahui apa itu brosur atau seperti apa bentuk brosur. Ditempat-tempat umum pasti kalian pernah ditawarkan sebuah brosur, baik brosur produk, brosur promosi, brosur penawaran, dan sebagainya. Pastinya kita pernah mendapatkan sebuah brosur atau paling tidak pernah sekedar melihat.

Sebuah selebaran cetakan yang biasanya berisi berbagai informasi yang bertujuan sebagai alat promosi biasanya ditempel atau dibagikan pada tempat yang banyak dilalui oleh orang-orang disebut sebagai brosur. Seperti yang kita tahu, brosur memang memiliki fungsi sebagai media promosi yang dibuat untuk konsumen maupun calon konsumen agar memiliki pengetahuan lebih tentang barang, produk, ataupun jasa dari usaha atau bisnis kita. Dengan begitu, diharapkan konsumen dan calon konsumen akan tertarik terhadap hal yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan angka penjualan.

Brosur yang mempunyai fungsi sebagai media promosi tentunya harus efektif dalam menarik khalayak untuk membeli produk yang ditawarkan atau paling tidak meningkatkan kesadaran khalayak terhadap produk, barang, ataupun jasa dari usaha atau bisnis kita.

Lalu bagaimana ciri-ciri brosur yang baik?

Dalam sebuah pemasaran dapat dikatakan berhasil, apabila produk berupa barang atau jasa tersedia secara luas, konsumen/pengguna/pembeli barang atau jasa merasa puas dengan produk perusahaan dan melakukan pembelian ulang serta merekomendasikan produk tersebut kepada rekan/orang lain.

Untuk mencapai hal tersebut, brosur sebagai alat dalam promosi harus memiliki ciri-ciri berikut ini:

  1. Didalamnya terdapat informasi yang bersifat mengedukasi atau informatif tentang  produk/barang/jasa yang dijual atau ditawarkan
  2. Dapat menarik perhatian orang lain
  3. Mempunyai media distribusi sendiri
  4. Desain yang dibuat pada brosur harus menarik
  5. Berisi tulisan yang juga disertai dengan gambar

Berdasarkan ciri-ciri yang sudah disebutkan, semua orang sepertinya tahu bagaimana bentuk sebuah brosur, tapi apakah kalian semua tahu bahwa brosur memiliki beberapa jenis?

Mengenal Jenis-jenis brosur

Hingga kini, brosur masih efektif digunakan  sebagai media promosi meskipun ada berbagai media promosi lainnya. Untuk itu, sebelum membuat atau mencetak brosur, ada baiknya mengenali jenis-jenis brosur yang ada untuk kebutuhan promosi

1. Brosur Tanpa Lipatan

Brosur tanpa lipatan atau juga dikenal dengan sebutan flyer, yaitu jenis brosur yang memiliki 2 halaman, yakni halaman depan dan belakang. Umumnya, brosur jenis ini digunakan untuk promosi dengan isi informasi yang singkat.

2. Brosur Dua Lipatan

Brosur dengan jenis ini dilipat menjadi dua, sehingga pada selembar brosur terdapat empat halaman, dua halaman bagian depan dan dua halaman bagian belakang. Brosur dengan jenis yang satu ini cocok untuk sebuah promosi yang akan banyak menggunakan gambar atau gambar berukuran besar, karena kertas yang digunakan biasanya lebih besar dibandingkan dengan brosur tanpa lipatan.

3. Brosur Tiga Lipatan

Sesuai dengan namanya, brosur dengan jenis ini dilipat menjadi tiga bagian. Jadi terdapat enam halaman pada satu lembarnya, tiga halaman pada sisi depan dan tiga halaman pada sisi belakang. Seringnya, brosur dengan jenis ini banyak digunakan atau dipilih untuk media promosi yang akan menyajikan banyak tulisan dan gambar-gambar kecil.

Tips mencetak brosur yang menarik

Setelah mengetahui bagaimana ciri-ciri baik dan mengenali jenis-jenis brosur, ketika ingin membuat atau mencetak brosur, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan agar brosur yang dibuat dapat menarik minat khalayak terhadap barang, produk atau jasa yang kita tawarkan. Karena seringkali kita hanya fokus pada salah satu elemen yang terdapat dalam sebuah brosur, baik itu hanya tulisan, foto ataupun gambar ketika akan membuatnya. Jika kita tidak dapat memberikan informasi yang menarik, maka kita akan kehilangan perhatian pembaca atau calon konsumen, yang memungkinan kita akan menjadi konsumen produk kita.

Maka dari itu, saat akan mencetak brosur, desain dibuat agar bisa mengundang ketertarikan orang banyak.

Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Tulisan dibuat singkat namun tetap informatif

Dikarenakan dalam sebuah brosur berisikan tulisan dan gambar, sehingga tidak dapat memuat banyak informasi tertulis seperti jenis media cetak lainnya, brosur dapat dibuat dengan singkat, berisi inti informasi yang ingin disampaikan.

2. Mengatur tulisan yang ada di dalam brosur

Tulisan dalam brosur perlu diatur agar informasi dapat lebih mudah dibaca, dengan begitu informasi dapat tersampaikan dengan baik. Beberapa pilihan yanga bisa digunakan dalam mengatur sebuah tulisan, yaitu ukuran font, jenis font, poin-poin, dan lainnya.

3. Menggunakan judul atau headline yang menarik

Headline atau judul adalah hal pertama yang dibaca ketika seseorang melihat sebuah brosur. Apabila dari sebuah judul saja tidak membuat orang dapat tertarik untuk membaca, maka informasi selanjutnya tidak akan tersampaikan dengan efektif.

4. Menyebutkan keuntungan dan keunggulan produk kita

Menuliskan hal-hal tersebut dapat membuat khalayak tertarik menggunakan produk kita, sehingga customer dapat mengetahui atau memiliki alasan mengapa perlu menggunakan produk yang kita tawarkan.

5. Mencantumkan call to action

Menuliskan pesan persuasif untuk menggugah orang ketika membaca brosur perlu dilakukan. Pesan call to action dapat dituliskan seperti “pesan sekarang”, “hubungi kami sekarang juga”, dan kalimat lainnya yang akan mempengaruhi khalayak untuk memiliki aksi terhadap produk kita.

6. Desain dibuat semenarik mungkin

Brosur merupakan sebuah lembaran informasi berupa tulisan dan gambar. Oleh karena inilah, sebuah brosur perlu memperhatikan desainnya, seperti keselarasan antara gambar dan tulisan, keharmonisan antar warna, penggunaan font yang sesuai, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri brosur sudah sangat lama dikenal, sekitar tahun 1870-an. Sejak dahulu brosur sudah digunakan sebagai media promosi oleh perusahan-perusahaan. Kemudian pada tahun 19300-an brosur mulai berkembang pesat di Indonesia hingga saat ini.

Eksistensi brosur sebagai media promosi tidak memudar begitu saja seiring denagn berjalannya waktu dari tahun ke tahun. Bahkan hingga saat ini, kita dapat dengan mudah ketika akan membuat sebuah brosur. Kita dapat membuat desain dengan perangkat yang kita miliki saat ini, misalnya dengan smartphone, perangkat komputer, dan lainnya. Proses pencetakannya pun kita tidak dapat memusingkan hal tersebut, karena saat ini sudah banyak jasa percetakan yang bersedia melayani pencetakan brosur dan jenis cetakan lainnya.

Apabila anda membutuhkan jasa percetakan brosur, anda dapat menghubungi digitaprinting.co.id. Kami melayani berbagai macam jenis percetakan dengan kualitas dan harga yang baik. Anda tinggal memberikan desain yang sudah dibuat, kemudian kami akan memproduksi desain tersebut menjadi sebuah brosur. Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan pemesanan kepada digitalprinting.co.id.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa memesan dan menghubungi kontak dibawah ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi:

Email:

sales@digitalprinting.co.id

Telp / Whatsapp:

(0811 8199 886)

(0811 9719 098)

(0811 9849 984)

Alamat:

Jl. Assirot 2 No.15, RT.2/RW.1, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220