Di era yang serba modern seperti saat ini, sistem digital sudah banyak dikembangkan dengan begitu pesatnya. Semua hal pun kini sudah mampu dioperasikan secara online sehingga segalanya serba praktis dan mudah. Ini juga termasuk dalam hal promosi usaha dimana saat ini digembor-gemborkan digital marketing yang lebih efektif menjangkau banyak kalangan. Meski demikian, ternyata sampai saat ini masih banyak juga yang tetap menggunakan digital printing stiker serta materi cetak lainnya dalam urusan promosi lho.
Gempuran materi digital kini memang seolah menggusur materi tradisional yang sudah lama bertahan. Ini karena perkembangan zaman yang semakin maju dimana memang merupakan tuntutan konsumen dan pangsa pasar pastinya. Itulah mengapa saat ini lebih banyak orang yang suka untuk mempromosikan usahanya melalui media online lantaran jangkauannya memang tidak terbatas. Tapi jangan lupa, efektivitas dari promosi itu sendiri juga harus dipastikan. Itulah mengapa materi cetak berupa digital printing stiker, banner, brosur dan lainnya pun tetap dipertahankan demi memaksimalkan pangsa pasar yang dituju.
Alasan Mengapa Materi Cetak Tetap Dibutuhkan di Era Digital
Diakui ataupun tidak, sampai saat ini materi cetak tetap jadi bagian penting untuk kepentingan promosi. Ini sangat diketahui oleh para pelaku bisnis karena bisa menjadi cara untuk mengembangkan bisnis meski sudah masuk di era digital. Bahkan, meski cara ini dianggap masih tradisional tapi tak dapat dipungkiri jika banyak pihak yang terbantu dengan cara promosi ini. Bukan dari segi kuantitas pangsa pasar yang dijangkau, tapi justru dari segi kualitas calon konsumen yang potensial.
Mungkin masih banyak yang heran, mengapa harus menggunakan materi cetak padahal era sudah maju dan serba digital. Bukankah hanya buang-buang uang? Untuk mengetahuinya, maka berikut ini alasan yang mendukung materi cetak masih tetap sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha di era digital, yakni:
-
Jangkauan media digital belum menyeluruh
Digital marketing saat ini memang menjadi ajang promosi yang efektif. Hal ini karena hampir semua orang kini sudah menggunakan basis online untuk hampir segala hal dan kebutuhan termasuk mencari informasi hingga jual beli online. Namun, perlu disadari juga jika jangkauan media digital sampai saat ini masih belum merata di seluruh Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali daerah yang belum bisa mengakses media digital, informasi dan melakukan hal lainnya dengan online.
Dari sinilah mengapa media cetak masih sangat dibutuhkan untuk kebutuhan promosi. Selain dari segi jangkauan daerah, jangkauan umur juga menjadi masalah dimana tak semua orang dari segala rentang usia serta tingkat pendidikan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan media digital. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya orang tua dan orang yang masih belum mengenyam pendidikan yang tidak mampu mengoperasikan media digital sebagaimana mestinya. Sebagai solusinya, maka digital printing stiker, banner dan media promosi cetak lainnya pasti lebih bisa menjangkau ke pangsa pasar yang demikian. Semua orang akan bisa melihat materi cetak yang berwarna-warni dengan penjelasan lengkap dan lugas sehingga bisa lebih efektif dalam menjangkau pangsa pasar.
-
Kombinasi strategi pemasaran akan lebih efektif
Tentu kita semua setuju jika strategi pemasaran sangat dibutuhkan dalam efektivitasnya untuk mengenalkan produk dan jasa perusahaan kepada semua orang. Ahli marketing pun juga percaya jika strategi pemasaran haruslah dikombinasikan sehingga bisa menjadikan efek yang diberikan menjadi efektif. Meski kini pemasaran digital lebih banyak dipilih karena segala keunggulannya, tapi tentu saja ini tidak cukup menjangkau seluruh pasaran yang kemungkinan potensial. Itulah mengapa mengkombinasikan dengan strategi pemasaran konvensional akan jadi solusi yang terbaik.
Penggunaan media cetak berupa digital printing stiker, brosur, banner dan lain sebagainya tetap diperlukan. Mungkin ada yang berpikir jika semua item promosi itu lebih efektif jika dipasarkan secara online. Tapi jika melihat fakta sampai saat ini dimana instansi masih banyak mencetak amplop, institusi pendidikan masih menggunakan buku dan fakta lapangan lainnya, maka sebetulnya penggunaan media cetak dalam urusan promosi bisnis juga masih logis. Itulah mengapa dari segi strategi pemasaran pun tidak cukup hanya dengan basis online saja, tapi juga tetap wajib menggunakan cara konvensional.
-
Teknologi digital printing yang sudah maju memberi perbedaan signifikan
Segala hal wajib beradaptasi dengan waktu, termasuk ketika teknologi sudah amat sangat maju seperti saat ini. Dunia percetakan pun juga demikian dimana turut serta berkembang dengan segala macam kemajuan teknologinya. Meski bisa dibilang sudah banyak pelaku usaha yang beralih dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital, tapi tetap saja pemasaran konvensional masih amat dibutuhkan. Dari segi dunia percetakan yang sudah berubah ke media digital pun juga memberikan keunggulan karena menjadikan hasil cetakan semakin bagus dan maksimal.
Digital printing sendiri adalah metode pencetakan yang berbasis digital. Proses pengoperasiannya yakni menggunakan file gambar lalu dimasukkan ke mesin. Hanya menunggu sebentar dan nantinya langsung dicetak ke media yang dipilih. Prosesnya amat ringkas dan mudah tapi dengan hasil yang maksimal dimana warna lebih kontras dan akurat, banyaknya pilihan desain dan editing yang bisa disesuaikan. Dengan hasil yang demikian bagusnya, maka akan banyak sekali pangsa pasar potensial yang tertarik dengan apa yang dipasarkan. Jika brosur, stiker, banner dan materi cetak lainnya bagus, maka konsumen pastinya juga akan memberikan feedback bagus.
-
Mampu memberi kesan pertama yang berbeda
Memang saat ini materi digital untuk ajang promosi disebut-sebut paling efektif sebagai cara pemasaran terbaik. Namun, tidak semua pangsa pasar yang seluas itu kemudian mau melihat dan membaca materi promosi digital yang ada di media online. Justru kebanyakan hanya melihat sekilas lalu menutup laman iklan tersebut. Apa Anda juga sering melakukannya? Jika demikian, maka sebetulnya ini pun mengindikasikan jika pemasaran secara online pun tidak selalu bisa efektif dalam menjaring konsumen.
Dari sinilah materi cetak bisa menjadi penengah untuk bisa mempromosikan produk dan jasa yang ada di perusahaan. Anda bisa memberikan brosur, memasang banner dan spanduk hingga memberikan stiker pada calon konsumen yang dirasa potensial. Tentunya ketika mereka diberikan materi promosi secara langsung, maka akan bisa memberikan kesan pertama yang lebih berbeda karena ada interaksi langsung.
Itulah beberapa alasan mengapa materi cetak promosi berupa digital printing stiker, banner, brosur dan lain sebagainya sampai saat ini masih tetap efektif membantu kebutuhan promosi. Jika Anda membutuhkan materi cetak yang berkualitas, maka pastikan untuk bisa menemukan penyedia jasa digital printing terbaik. Dengan demikian, hasil cetakan bukan hanya akan cepat tapi juga berkualitas, memiliki warna kontras, teks yang akurat dan pastinya akan menjadikan calon konsumen pun menikmati apa yang Anda promosikan dari materi cetak tersebut.
Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi:
Email:
Telp / Whatsapp:
Senin – Sabtu (0811 9719 098)
Senin – Sabtu (0811 819 9886 )
Senin – Minggu (0811 8439 998)
Alamat:
Jalan Asshirot II No.15 Kebayoran Lama, Jakarta Barat 11480. Indonesia
Baca juga artikel terkait lainnya: Mengenal Dunia Percetakan lebih dalam